1 Comment

Rating Playfull Kiss akhirnya membaik dengan berbagai cara yang aneh2



Meski terseok-seok, rating serial Playful Kiss (Mischievous Kiss) terus meningkat. Setelah konsisten di kisaran angka 3% sejak pemutaran episode perdana, maka episode 7 dan 8 yang diputar 22- 23 September lalu membawa perubahan signifikan bagi serial produksi MBC ini. Rating Playful Kiss naik hamper dua kali lipat.

Sejak ditayangkan, rating serial Playful Kiss selalu berada di kisaran 3%. Hingga di minggu keempat (22/ 9), ratingnya baru mengalami peningkatan cukup signifikan ke angka 5,8%. Esok harinya (23/9) rating serial besutan sutradara Hwang In Roe dan Kim Do Hyung ini naik sedikit menjadi 6%.

Banyak netter yang mengatakan adegan-adegan cute antara Oh Ha Ni (Jung So Min) dan Baek Seung Jo (Kim
Hyun Joong) di dua episode itu membuat serial ini lebih menarik, tidak terlalu membosankan seperti sebelumnya. Belum lagi intrik lucuyang ditambahkan oleh Bong Joon Gu (diperankan Lee Tae Sung), pria minim kecerdasan tapi selalu menjaga dan menghibur Ha Ni dari kesedihan.

Di episode ini juga, Seung Jo diceritakan menyadari perasaannya pada Ha Ni dan mulai peduli padanya. Mulai dari mengajarinya bermain tennis, mengajak masak bersama, hingga mau menggendongnya. Cerita romantis sekaligus konyol antara dua pemeran utama ini menjadi salah satu daya tarik Playful Kiss. Sementara itu, untuk episode 9 dan 10 yang tayang 29 dan 30 September, Playful Kiss membukukan rating 4% dan 8,2%. Pertanyaannya, apakah perubahan rating ini hanya bertahan untuk beberapa minggu saja atau terus bertambah? Kita tunggu saja.

Sama seperti serial lainnya yang kerap menggunakan produk khusus dari sponsor, pemain Playful Kiss juga mengenakan beberapa properti mahal dari sponsor. Dalam salah satu episode, Seung Jo tampak mengenakan tas punggung warna putih ketika hendak berangkat ke sekolah.

Tas tersebut merupakan barang sponsor dari merek tas With New York yang dijual di pasaran dengan harga 223.400 Won (Rp 2,3 juta). Jika fans ingin mendapatkan tas ini atau melihat-lihat koleksi tas serupa bisa melihatnya di situs resmi With New York, http://withnewyork.com/. Selain itu, hoddie yang dikenakan oleh Ha Ni dan Joon Gu berasal dari produk SangSang Factory yang juga menjadi salah satu sponsor Playful Kiss.

Karakter Baek Seung Jo dan Oh Ha Ni dibuat merujuk pada karakter utama di manga (komik Jepang) karya Kaoru Tada, Itazura na Kiss. Namun terdapat beberapa perbedaan karakter yang dibuat untuk menyesuaikan dengan tradisi Korea, seperti penggantian nama dari Naoki Irie menjadi Baek Seung Jo dan Kotoko Aihara menjadi Oh Ha Ni.

Seperti diketahui, manga Itazura na Kiss sudah diangkat lebih dulu ke layar kaca versi Jepang dan Mandarin. Di serial versi Jepang, Naoki (diperankan Takashi Kashiwabara) diceritakan sebagai pria tampan tapi dingin, egois, dan acuh tak acuh. Karakter ini sama dengan Naoki versi Mandarin, Jiang Zhi Shu yang diperankan oleh Joe Zheng.

Namun Naoki versi Korea sedikit berbeda, karena karakter Seung Jo diceritakan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu egois. Karakter Kotoko Aihara versi Jepang (diperankan Aiko Sato) mengikuti karakter asli dalam komiknya, yaitu manis, berkepribadian lucu, suka canggung, tapi sering membuat masalah.

Kotoko versi Mandarin yang diperankan oleh Ariel Lin, Yuan Xiang Qin digambarkan sebagai gadis yang benar-benar bodoh dan ceroboh tapi berhati tulus. Sementara Kotoko versi Korea, Oh Ha Ni yang diperankan Jung So Min, diceritakan sebagai gadis manis, berani, beruntung, lucu, dan tidak terlalu membuat masalah.

Slot tayang siaran ulang Playful Kiss ternyata pernah akan diganti oleh MBC dengan serial mereka yang berating lebih tinggi, Gloria. Namun hal ini urung dilakukan karena MBC langsung mendapat protes keras dari fans Playful Kiss. Ceritanya, MBC berencana menayangkan serial Gloria di slot tayang siaran ulang Playful Kiss. Siaran ulang Gloria ini dijadwalkan tayang setiap Sabtu pukul 1:55 waktu setempat mulai 18 September lalu.

Alasannya, rating serial yang menceritakan kisah hidup penyanyi nightclub Na Jin Jin (diperankan Bae Doo Na) itu lebih tinggi dari Playful Kiss yang masih berjuang menaikkan ratingnya. Hingga 26 September lalu, Gloria yang juga dibintangi Lee Chun Hee dan Suh Ji Suk itu mendapat rating 10%. Protes keras pun berdatangan di situs resmi Playful Kiss dan MBC.

Mereka meminta MBC mengembalikan siaran ulang Playful Kiss di jadwal seperti biasanya. MBC kemudian mendengar dan merespon protes ini. Mereka pun mengurungkan jadwal yang telah dibuat demi kepuasan penonton.

Meski mendapat rating rendah, Playful Kiss laris terjual ke luar negeri. Hak tayang serial berjudul asli Jangnanseureon Kiss ini sudah terjual ke 12 negara asing, seperti Jepang, Taiwan, Thailand, Filipina, Hong Kong, Amerika, dan negara lainnya. Kabarnya, total penjualan hak tayang serial ini ke negara-negara itu mencapai 4 miliar Won (Rp 40 miliar)!

Desember mendatang, Mnet Jepang bahkan berencana menayangkannya sebanyak dua kali dalam seminggu. Hal ini menunjukkan besarnya pengaruh popularitas Kim Hyun Joong di negeri Sakura meski serial ini diganjar rating rendah di Korea. Di Filipina dan Thailand, Playful Kiss juga memecahkan rekor sebagai serial Korea termahal untuk pembelian hak tayangnya.

cre: http://www.kodakloevrzindo.wordpress.com
source: asianplusmagazine

About azuhra

Hi... :) I'm just a little girl in a big world. I'm Indonesian. Nice to meet you all. I heart you all. Oh, i forget it, i'm moslem. and i'm not a terorist!!! there's no moslem is terorist. terorists aren't moslem. ^^

One comment on “Rating Playfull Kiss akhirnya membaik dengan berbagai cara yang aneh2

  1. I LOVE PLAYFUL KISS, NO MATTER WHAT THEY SAY !!!
    Di Korea ratingx rendah coz hrz brsaing ma My Girlfriend is Gumiho & Bread Love and Dream, so org2 lbh milih ke2 drama itu drpd PK yg da tw jln crtax..
    but nevermind Hyun Joong, yg pntg dluar negeri serialmu sukses & mndpt rating tinggi serta mndpt total penjualan hak siar sbnyk 4 MILIAR WON,, Bknkah itu hebat ?!?!
    Fighting Leader ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: