3 Comments

Best 5 and Worst 5 Artists Review


Hayo??? Udah penasaran kan???? Siapa sih mereka ini? Yah, bener – bener ngejutin!!! Ini adalah opini para kritikus korea. Jadi, bukan versi kita. Jika kalian gak setuju, silahkan deh, usul Best 5 and Worst 5 Artistis Review versi kalian. Dan aku ingetin, ini bukan tujuan dari antifans mereka jika ada yang masuk Worst 5.

Best 5 Artists

1. BoA

BoA dinilai sebagai artis Korea yang paling sukses dan terbukti bertahan di dunia hiburan selama 10 tahun karirnya. BoA memulai karirnya di dunia tarik suara sejak umur 14 tahun. Dengan konsep yang matang, manajemen artis yang kuat dan stabil, serta kualitas vokal dan musikalitasnya yang unggul membuat BoA belum bisa dikalahkan oleh artis musik Korea manapun.

Yah, menurutku, dia penyanyi solo pertama yang bisa eksis di Korea. Menurutku, satu – satunya yang bisa sukses.

Selain itu para kritikus berpendapat bahwa BoA adalah artis wanita pertama yang berhasil mengubah pandangan publik Korea tentang artis wanita yang terkesan pasif. Inilah sebabnya kenapa BoA bisa bertahan dan sukses di Korea hingga kini. Bahkan bisa mengembangkan sayap karirnya hingga ke luar negeri. Yah, meskipun dia yang paling baik di Korea. Kurasa BoA kalah dengan Agnes Monica.

2. SNSD

Girlsgroup satu ini disebut para kritikus sebagai salah satu entertainment performers yang paling sukses di Korea. Bahkan SNSD sudah menjadi fenomena tersendiri dalam industri hiburan dan budaya Korea. Kritikus Kim Jungwee bahkan berkomentar, “Mereka bisa mengubah pandangan anak-anak rock hingga menyukai idola seperti mereka.”

SNSD punya sangat banyak penggemar. Album mereka selalu ditunggu dan laris dijual di pasaran. Jadi nggak heran rasanya kalau kritikus menilai mereka termasuk dalam jajaran Best 5 ya…. Meskipun, member mereka cukup banyak.

3. Big Bang

Big Bang dinilai sukses karena memiliki konsep yang dinilai para kritikus fresh. Menurut mereka Big Bang berbeda dari kebanyakan boysgroup Korea lainnya. Bila SNSD sukses menggaet perhatian para pria Korea, maka Big Bang sukses bikin para wanita yang lebih tua jerit-jerit histeris. Performa Big Bang selalu ditunggu para fans dan kritikus musik. Fans Big Bang (VIPs) pun dinilai lebih solid dibanding fan base group lainnya.

4. S.E.S

Grup ini memang sudah lama berakhir era kejayaannya. Tapi para kritikus beranggapan S.E.S adalah salah satu dari sedikit girlsgroup yang sukses di jamannya. Kritikus Kim Bonghyun menilai S.E.S sebagai “salah satu idola pertama yang sukses dalam pembentukan imej dan pencapaian karir musik yang baik.

5. DBSK / TVXQ

Di tempat ke-lima ada boysgroup favorit banyak orang nih. DBSK dinilai para kritikus berhasil mengibarkan Halyu wave (gelombang industri hiburan Korea) ke tingkat yang lebih tinggi. Ini dibuktikan dengan kesuksesan yang mereka raih di Jepang. Selain itu, setiap acara yang memajang mereka sebagai bintang tamu pasti ratingnya tinggi begitu pula dengan drama-drama yang mereka perankan selalu ditunggu-tunggu oleh penggemar. Meskipun mereka bermasalah dengan pihak manajemen tapi para fans dijamin tidak akan melupakan kelima cowok berbakat ini begitu saja.

Worst 5 Artists

1. CNBlue


CNBlue dinilai sebagai group yang tidak konsisten oleh para kritikus. Kenapa? Karena menurut mereka CNBlue itu hanya ‘imitasi’ grup band saja, bukan benar-benar menjadi grup band sungguhan. Boysgroup ini juga dinilai kurang berhasil dalam mendongkrak promosi album mereka. Termasuk dengan kontroversi plagiarisme yang (katanya) sengaja dilempar untuk mendongkrak popularitas mereka (T_T ehm… kritiknya kok pedes gini. Oppa, sabar ya!)

Kritikus Kim Kwanghyun bilang, “Hanya karena mereka menampilkan musik band, bukan berarti mereka band rock sungguhan.” (*Ouch!) Sebenarnya CNBlue nggak sendirian karena band lainnya seperti FT Island dan Click B juga menerima review dingin dari para kritikus. Tapi sepertinya, CNBlue menjadi fokus kritik utama deh karena mereka masuk urutan pertama di review 5 Worst Artists ini…

2. ZE:A

Kritikus Lee Kyungjoon menyebut lagu mereka yang berjudul “Break Up Adlib” sebagai single yang terburuk dari yang paling buruk. Gue pribadi sih nggak begitu kenal dengan boysgroup yang satu ini. Tapi gue rasa mereka muncul pada saat yang kurang tepat jadinya ya apes aja, kalah populer dengan boysgroup lain yang udah lebih dulu tenar dan menarik perhatian kpop lovers.

Selain itu materi musik yang kurang nendang juga mungkin jadi salah satu faktor kenapa para kritikus menganggap grup ini buruk. Dari segi penampilan pun, ZE:A sayangnya masih kalah bila dibandingkan dengan Suju, DBSK atau Shinee.

3. Super Junior

Nah, untuk yang satu ini gue yakin banyak yang teriak-teriak nggak setuju ya… Tapi Suju ternyata masuk dalam jajaran artis Korea terburuk nih, guys. Kenapa begitu? Para kritikus beranggapan jumlah mereka terlalu banyak untuk ukuran music performers (*bahkan temen gue ada yang bilang Suju itu boyband apa karang taruna sih? Banyak bener anggotanya?* hehehehe). Tapi, jujur nih, SNSD kok bisa jadi Best 5 lhoh??? Mereka kan anggotanya juga banyak!

Itulah kenapa Suju dinilai hanya bisa diingat oleh para ELF sejati. Selain itu kritikus beranggapan bahwa member Suju nggak punya skill entertainment yang bikin tercengang alias kurang berbakat. (*Oh-My-God!!!*)

4. H.O.T

H.O.T ini di jamannya sukses lho, guys. Tapi ternyata di mata para kritikus kemunculan mereka tidak membawa arti apa-apa di dunia hiburan Korea. Bahkan menurut mereka, kemunculan H.O.T itu dianggap tidak membawa kemajuan di eranya. Hanya sedikit komentar tentang H.O.T, tapi yang jelas menurut para kritikus grup ini dianggap bukan tolok ukur yang tepat untuk membentuk boysgroup ideal.

5. Rain

Popularitas Rain yang terlalu berlebihan di media justru dinilai buruk di mata para kritikus. Mereka menilai media massa di Korea terlalu berlebihan mengekspos Rain dengan rencana “ekspansi karir ke luar negeri” dan julukan “superstar kelas dunia” yang diberikan padanya. Hmm, mungkin di sini sama saja seperti Agnes Monica yang dikritik banyak orang dengan rencana “go international”-nya kali ya…

Meskipun Rain sudah muncul di film Ninja Assassin yang mendunia, para kritikus beranggapan tidak ada hal lainnya yang mengesankan dari artis (* yang di mata gue multitalenta kok! Mungkin kalian iri kan? Rain lebih berpihak ke Amerika dan Eropa untuk shownya. >.<*) ini. Rain memang punya bentuk tubuh yang bikin kaum hawa ngiler, tapi para kritikus tetap nggak bergeming dan menaruhnya dalam jajaran artis terburuk di Korea.

Well,  itulah hasil review yang dibuat oleh 20 orang kritikus Korea. Mereka terdiri dari para pelaku industri hiburan yang beragam profesinya dengan segudang pengalaman. Kalian boleh setuju atau tidak dengan opini mereka, yang jelas beginilah hasil reviewnya..

Nggak setuju dengan opini mereka? Kalian bisa tulis di bawah postingan ini, inget ya jangan berantem hehehehe…

Source: allkpop
Pictures: Various Sources

About azuhra

Hi... :) I'm just a little girl in a big world. I'm Indonesian. Nice to meet you all. I heart you all. Oh, i forget it, i'm moslem. and i'm not a terorist!!! there's no moslem is terorist. terorists aren't moslem. ^^

3 comments on “Best 5 and Worst 5 Artists Review

  1. They have a lot of nerve putting rain on the worst 5 list. The explanation seems like its due to his being so successful, really really stupid. We know he is the best of the best, we do not need these critics to tell us who is good.

  2. yeah, me too. i agree, rain is a star world. i think, may be the criticus doesn’t like him ‘cuz rain prefer like be a star in america, not in korea. it’s like my favourite singer, agnes monica

  3. wah kok suju di nilai buruk menurut aku mereka punya bakat koq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: